Rabu, 19 Mei 2010

PEMBERIAN KOMPENSASI

PEMBERIAN KOMPENSASI


Suatu cara departemen personalia meningkatkan prestasi kerja, motivasi dan kepuasan kerja adalah melalui pemberian kompensasi. Masalah kompensasi mungkin merupakan fungsi yang paling sulit dan membingungkan. Tidak hanya karena pemberian kompensasi merupakan salah satu tugas yang paling kompleks, tetapi juga salah satu aspek yang paling berarti, baik bagi karyawan maupun organisasi. Meskipun kompensasi harus mempunyai dasar yang logik, rasional dan dapat dipertahankan, hal ini menyangkut banyak faktor emosional dari sudut pandang para karyawan. Sehingga salah satu kewajiban perusahaan yang paling penting untuk meningkatkan produktivitas karyawan adalah dengan memberikan penghargaan kepada karyawan atas apa yang telah diberikan karyawan tersebut kepada perusahaan.

Ada berbagai bentuk kompensasi yang diberikan perusahaan kepada karyawannya, mulai dari hal yang sangat sederhana, misalanya saja senyuman dan pujian, sampai yang berbentuk uang, misalnya kenaikan gaji, bonus, atau tunjangan-tunjangan lain yang bersifat finansial. Selain sebagai sebuah bentuk kompensasi yang diberikan perusahaan kepada karyawannya, pemberian kompensasi ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada karyawan agar mereka merasa nyaman dan lebih produktif dalam bekerja. Namun, pada kenyataan yang kita jumpai dalam kehidupan nyata, tidak semua penghargaan mempunyai pengaruh yang sama dalam memotivasi setiap karyawan. Misalnya saja ada karyawan yang merasa senang hanya dengan diberikan senyuman dan pujian. Tetapi, tidak sedikit karyawan yang menuntut diberikan penghargaan yang lebih dari sekedar senyuman dan pujian.

Setiap karyawan pasti menginginkan suatu bentuk kompensasi yang lebih bersifat riil. Bukan hanya sebuah senyuman dan pujian semata. Karena mereka menginginkan sesuatu yang dapat dirasakan manfaatnya. Salah satu bentuk kompensasi yang dapat benar-benar dirasakan oleh karyawan adalah kompensasi dalam bentuk tunjangan yang bersifat finansial. Misalnya saja kenaikan gaji, pemberian bonus dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar